Ekonomi
Jumat, 30 Desember 2016 - 20:50:49 | bhisma-bharata / Sorot Kulonprogo

Saluran Irigasi di Kalibawang Ambrol, Danrem Tinjau Lokasi
Saluran Irigasi di Kalibawang Ambrol, Danrem Tinjau LokasiSaluran Irigasi di Kalibawang Ambrol, Danrem Tinjau LokasiDanrem beserta jajaran didampingi Kadistan meninjau saluran irigasi yang ambrol.

Kalibawang,(sorotkulonprogo.com)--Komandan Korem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Fajar Setiawan, meninjau adanya saluran irigasi di Pedukuhan Klepu,Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang, Kamis (29/12/2016) yang rusak akibat adanya pergerakan tanah yang labil. Kerusakan saluran irigasi ini mengancam ratusan hektare lahan sawah setidaknya di empat wilayah, yakni Kecamatan Kalibawang, Nanggulan, Sentolo serta Kecamatan Pengasih.

Danrem 072/Pamungkas berharap agar kerusakan yang terjadi bisa secepatnya diperbaiki, sehingga tidak mengganggu musim tanam para petani serta mengurangi hasil produksi pertanian. Dalam tinjauannya Danrem Fajar Setiawan didampingi oleh Komandan Kodim 0731/Kulon Progo, Letkol Arm Teguh Tri Prihanto Usman serta Kepala Dinas Pertanian Bambang Tri Budi Hartono.

”Kita membantu dinas dalam berkomunikasi dengan Balai Besar Sungai Serayu Opak (BBWSO) sehingga bisa secepatnya mendapat rekomendasi untuk perbaikan saluran yang rusak,” ungkap Brigjen TNI Fajar Setiawan.

Ditambahkan juga, apabila nantinya sudah mendapatkan rekomendasi, TNI AD siap mengerahkan personel untuk membantu bergotong-royong dalam perbaikan saluran irigasi tersebut. ”Nanti kita bantu agar personil anggota ikut bergotong-royong sehingga perbaikan saluran irigasi ini tidak mengganggu musim tanam II yang segera dilakukan oleh warga tani,” tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kulon Progo, Bambang Tri Budi Hartono berujar, akan secepatnya berkoordinasi dengan instansi terkait, sehingga perbaikan saluran irigasi yang cukup vital dalam memasok air ke lahan persawahan bisa secepatnya direalisasi.

”Kita upayakan koordinasi secepatnya. Dan adanya bantuan dari TNI tadi kita sangat mengapresiasi, semoga masa tanam petani-petani kita tidak terganggu,” tutur Bambang.


Berita Terkait :


HOT NEWS