Peristiwa
Minggu, 08 Januari 2017 - 05:35:41 | bhisma-bharata / Sorot Kulonprogo

Sengon Belasan Meter Roboh Timpa Jaringan Listrik
Sengon Belasan Meter Roboh Timpa Jaringan Listrik
Sengon Belasan Meter Roboh Timpa Jaringan Listrik
Evakuasi Pohon tumbang

Pengasih,(sorotkulonprogo.com)--Hujan lebat disertai angin kencang pada Sabtu (07/01/2017) sekira pukul 20.00 WIB mengakibatkan sebuah pohon sengon setinggi lebih dari 12 meter roboh dan menimpa jaringan listrik di Padukuhan Klegen, Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih.

Meski tumbangnya pohon tidak menimpa pemukiman warga, namun putusnya kabel utama jaringan listrik menjadikan sejumlah wilayah gelap gulita. Warga pun harus rela menyalakan lilin dan lampu penerangan darurat untuk sementara waktu.

Hal ini dibenarkan oleh salah seorang warga setempat, Ngadiran (53). Pohon sengon yang tumbang, selain memutus jaringan listrik juga melintang jalan padukuhan yang menghubungkan dengan sejumlah wilayah.

”Pas kejadian memang anginnya cukup kencang. Hujannya juga sangat lebat, terus disusul suara gemeretak dan langsung gelap gulita,” ujar Ngadiran.

Sejumlah warga kemudian berusaha mendekat ke arah suara dan ternyata didapati sebuah pohon melintang jalan dan memutus jaringan listrik.

Mengetahui hal ini warga segera melaporkan ke Pusdalops BPBD Kulon Progo agar mendapatkan penanganan. Mendapati laporan tersebut, anggota Tim Reaksi Cepat yang tengah piket langsung ke lokasi kejadian untuk melakukan pembersihan dari pohon yang tumbang.

”Kita sudah ke lokasi dan sudah kita potong. Untuk jalan pintas juga sudah bisa dilewati lagi,” papar Sinardi, salah seorang anggota TRC BPBD Kulon Progo.

Dengan adanya cuaca ekstrem masyarakat dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati, karena potensi hujan lebat dan angin kencang masih bisa terjadi sewaktu-waktu.

Berita Terkait :


HOT NEWS