Komunitas
Minggu, 08 Januari 2017 - 17:20:40 | bambang-jati / Sorot Kulonprogo

Cerita Komunitas Motor Bebek Legendaris di Kulon Progo
Cerita Komunitas Motor Bebek Legendaris di Kulon Progo
Cerita Komunitas Motor Bebek Legendaris di Kulon Progo
Dokumen pribadi saat tourong dan kopdar APIC.

Wates,(sorotkulonprogo.com)--Semakin banyaknya produk sepeda motor baru yang lebih menarik dan bertenaga ternyata tak membuat Honda C 70 90 cc kehilangan penggemar. Seperti Adhikarto Pitung Club (Apic) yang masih setia mengendarai motor yang terkenal disebut pitung.

Komunitas pecinta pitung ini terbentuk sejak 2 tahun lalu tepatnya November 2014. Satu per satu warga Kulon Progo yang memiliki pitung turut bergabung.

”Awalnya dulu ada beberapa orang pengendara pitung sering kumpul bareng dan akhirnya memutuskan membuat paguyuban agar persaudaraan lebih erat,” tutur Oonk Supangat, Ketua Apic, Minggu (08/01/2017).

Bicara soal perawatan, Oonk menjelaskan bahwa untuk menjaga performa Si Pitung agar tetap asyik saat dikendarai merupakan hal yang sederhana. ”Karena yang namanya motor tua yang harus diperhatikan adalah ganti oli harus rutin. Selain itu service ringan dan senantiasa membersihkan karburasi harus selalu dicek,” ujar Oonk.

Lebih jauh menjelaskan, kini untuk sparepart dari Honda Pitung juga sudah mulai gampang ditemui seiring dengan makin banyaknya kendaraannya yang kembalo muncul. ”Untuk sparepart sekarang sudah lumayan gampang dan yang penting harganya terjangkau meskipun KW,” imbuh Oonk.

Kesukaan pada sepeda motor Honda Pitung ini menurut Oonk karena memang sebagian besar anggotanya penggemar motor klasik. Model klasik kenamaan motor era tahun 1970 ini menjadi daya tarik tersendiri.

Apic juga membuka pintu lebar-lebar bagi warga Kulon Progo yang mempunyai Honda Pitung dan ingin bergabung dengan syarat surat-surat kendaraan harus lengkap serta tidak menyalahi peraturan lalu lintas.

Hingga saat ini, setidaknya sudah ada sekitar 30 orang anggota yang aktif dan turut dalam setiap touring luar kota serta kumpul bersama di Alun-alun Wates setiap malam Minggu. ”Selain kumpul bareng dan juga touring di beberapa daerah seperti Jepara, Pekalongan, Cilacap, Dieng dan Bandung, kita juga mengutamakan jiwa sosial. Semisal ada anggota yang sakit pasti seluruh anggota ikut menjenguk,” katanya.

Kedepanya, Apic juga berencana mengadakan sebuah aksi sosial untuk membantu sesama dengan cara bakti sosial.

 

Berita Terkait :


HOT NEWS