Ekonomi
Rabu, 11 Januari 2017 - 06:45:27 | bambang-jati / Sorot Kulonprogo

DPRD Desak Pemkab Perbaiki Saluran Irigasi Kalibawang
DPRD Desak Pemkab Perbaiki Saluran Irigasi KalibawangDPRD Desak Pemkab Perbaiki Saluran Irigasi KalibawangAnggota Komisi II DPRD Kulon Progo ketika melakukan sidak do saluran irigasi Kalibawang.

Kalibawang,(sorotkulonprogo.com)--Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kulon Progo bersama dengan Bidang Pengairan DPU Kulon Progo melakukan inspeksi mendadak (sidak) di saluran irigasi Kalibawang yang mengalami kerusakan di lima titik, Selasa (10/01/2017). 

Sidak dilakukan lantaran saat ini efek dari kerusakan saluran irigasi Kalibawang sudah terasa. Tiga kecamatan yakni Kecamatan Nanggulan, Kecamatan Pengasih serta Kecamatan Sentolo terancam mengalami kemunduran penanaman padi pada musim tanam I karena kurangnya pasokan air untuk mengairi sawah.

Di tiga kecamatan tersebut sudah mulai terlihat petani di beberapa tempat harus menggunakan mesin diesel untuk menyedot air dari sumur pantek untuk memenuhi kebutuham air. Sehingga para petani harus mengelurkam ongkos lebih untuk membeli bahan bakar solar. Meskipun kini masih terbantu air hujan, namun jika tak segera ditangani akan segera mengganggu musim tanam I.

Anggota Komisi II DPRD Kulon Progo, Yuliantoro menjelaskan bahwa yang harus diperhatikan adalah kerusakan pada talang air. ”Untuk talang air perbaikannya harus lebih serius karena harus menyesuaikan debit air yang melewatinya agar tidak jebol lagi,” tutur Yuliantoro, Selasa (10/01/2017).

Kerusakan saluram irigasi ini menurut Yuliantoro diakibatkan oleh pergerakan tanah di daerah tersebut yang dinilai labil atau rawan. Komisi II meminta agar perbaikan yang dilakukan oleh DPU Kulon Progo benar benar diperhatikan.

”Meskipun perbaikan bersifat sementara, namun harus diperhatikan agar tak jebol lagi. Apalagi perbaikan ditargetkan hanya dalam waktu sebulan jadi harus terukur,” papar Yuliantoro.

Senada dengan Yuliantoro, anggota Komisi II lain, Priyo Santoso menuturkan bahwa perbaikan saluran irigasi Kalibawang secara permanen harus segera dilakukan. ”Karena saluran ini merupakan penyuplai air satu-satunya untuk lahan pertanian di tiga kecamatan. Sehingga musim tanam I tak terganggu,” katanya.

Berita Terkait :


HOT NEWS