Ekonomi
Rabu, 11 Januari 2017 - 07:35:34 | bhisma-bharata / Sorot Kulonprogo

Tidak Ingin Gagal Panen, Danrem Kembali Tinjau Perbaikan Saluran
Tidak Ingin Gagal Panen, Danrem Kembali Tinjau Perbaikan SaluranTidak Ingin Gagal Panen, Danrem Kembali Tinjau Perbaikan SaluranDanrem 072/Pamungkas meninjau perbaikan saluran irigasi Talang Bowong.

Kalibawang,(sorotkulonprogo.com)--Komandan Koram 072/Pamungkas Brigjen TNI Fajar Setiawan kembali meninjau perbaikan saluran irigasi Talang Bowong di Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang, Selasa (10/01/2017). Kedatangannya didampingi oleh Kasiter Korem, Kasilog Korem serta Dandim 0731/Kulon Progo Letkol Arm Teguh Tri Prihanto.

Rusaknya saluran irigasi Talang Bowong bisa mengakibatkan dampak buruk bagi tanaman padi milik masyarakat tani. ”Pimpinan tidak ingin terjadi gagal panen sehingga perbaikan yang sedang dilakukan ditinjau langsung, agar hasil pertanian bisa sesuai yang diharapkan,” ujar Bagian Penerangan Kodim 0731/Kulon Progo, Serma Paryono.

Kerusakan saluran irigasi Talang Bowong ini bila tidak bisa diperbaiki sesuai rencana, selain mengakibatkan gagal panen untuk para petani di wilayah Kecamatan Nanggulan, Pengasih, Panjatan serta Kecamatan Temon, juga berdampak terjadinya kegagalan usaha petani ikan serta kekeringan yang berkepanjangan.

”Jadi peninjauan yang dilakukan oleh pimpinan agar perbaikan yang sedang dilaksanakan bisa secepatnya selesai dan dampaknya tidak makin meluas ke beberapa usaha milik warga,” tambah Paryono.

Sejumlah anggota TNI dari Kodim 0731/Kulon Progo juga diterjunkan untuk membantu perbaikan tersebut, agar waktu perbaikan tidak lebih dari satu bulan mengingat Musim Tanam II (MT II) sudah berlangsung dan tanaman padi masih berumur kurang dari satu bulan. ”Teman-teman anggota TNI ikut terjun memperbaiki saluran yang rusak. Harapannya enggak sampai sebulan perbaikan sudah selesai dan saluran irigasi kembali berfungsi dengan normal,” pungkasnya.


Berita Terkait :


HOT NEWS