Peristiwa
Rabu, 11 Januari 2017 - 21:47:57 | bambang-jati / Sorot Kulonprogo

Dinas Sebut Jalan Amblas Karena Truk Tambang
Dinas Sebut Jalan Amblas Karena Truk Tambang
Dinas Sebut Jalan Amblas Karena Truk Tambang
Bina Marga DPUPKP Kulon Progo melakulan oeninjauan lokasi jalan amblas.

Pengasih,(sororkulonprogo.com)--Amblasnya jalan kabupaten yang menghubungkan dua kecamatam yakni Kecamatan Pengasih dan Kecamatan Girimulyo di Pedukuhan Gegunung, Sendangsari, Kecamatan Pengasih Rabu(11/01/2017) siang langsung menjadi perhatian dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kulon Progo. 

Kepala Bidang Bina Marga DPUPKP Kulon Progo, Nurcahyo Budi Wibowo beserta staf jajaran langsung meninjau lokasi jalan yang amblas dengan lebar satu meter serta kedalaman dua meter yang amblas akibat aktivitas truk tambang batu andesit pada Rabu sore.

Menurut Nurcahyo, selain karena kerap dilalui oleh armada truk tambang dari empat perusahaan yang beroperasi, usia jalan yang sudah tua terlebih dibawah jalan merupakan gorong-gorong merupakan penyebab utama amblasnya jalan.

”Apalagi menurut warga armada truk tambang yang mengangkut batu andesit melebih tonase yang ditentukan,” tutur Nurcahyo, Rabu (11/01/2017).

Dijelaskan oleh Nurcahyo bahwa sebenarnya jalan tersebut yang merupakan jalan kabupaten didesain untuk menahan beban maksimal yakni 6 ton, sedangkan armada truk tambang yang membawa muatan sekitar 12 hingga 14 ton.

Nurcahyo berjanji akan segera melakukan koordinasi dengan seluruh perusahaan tambang tersebut terkait dengan perbaikan jalan tersebut. ”Kami akan melakukan koordinasi dengan perusahaan perusahaan tambang tersebut,” katanya.

Rencananya, setelah dilakukan koordinasi jalan tersebut akan diperbaiki dan akan dibuat dengan plat beton atau pondasi yang kemudian di plat.

Berita Terkait :


HOT NEWS