Ekonomi
Kamis, 12 Januari 2017 - 13:44:23 | bhisma-bharata / Sorot Kulonprogo

Cabai Pedas, Gugah Kebiasaan Warga Tempo Dulu
Cabai Pedas, Gugah Kebiasaan Warga Tempo Dulu Cabai Pedas, Gugah Kebiasaan Warga Tempo Dulu Tentara bersama bibit tanaman cabai

Wates (sorotkulonprogo.com)--Lonjakan harga cabai di pasaran belakangan ini semakin tidak terkendali. Prihatin akan hal itu jajaran TNI Kodim 0731/Kulon Progo mencanangkan gerakan menanam cabai secara serentak. Lebih dari 2.000 bibit tanaman cabai akan ditanam di 12 kecamatan.

”Kalau dulu kan biasa tiap rumah warga itu ada tanaman cabainya. Hal itu yang kita dorong agar kembali dilakukan warga lewat anggota di 12 Koramil. Ya kita ingin menggugah kembali kebiasaan warga itu,” ungkap Mayor Inf. Ari Susetyo, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0731/Kulon Progo, Kamis (12/01/2017).

Selain itu, Kodim 0731/Kulon Progo juga menyiapkan persemaian benih tanaman cabai, dimana beberapa hari kedepan sudah mulai siap ditanam. ”Ada dua ratus lebih. Kita memang menjalankan program ketahanan pangan, sehingga aparat teritorial ikut membantu penanaman cabai serentak,” tambah dia.

Gerakan penanaman cabai secara serentak yang dilakukan oleh jajaran TNI di Kabupaten Kulon Progo ini, selain guna membantu mengatasi kesulitan yang dialami masyarakat, juga untuk mendorong agar masyarakat memiliki sumber tanaman keluarga.

”Jadi dalam konteks ketahanan pangan, kita bantu mengatasi kesulitan warga. Dan harapannya warga memiliki sumber tanaman sendiri. Kalau hanya cabai kan besok tidak beli di pasar,” pungkas Kasdim .

Berita Terkait :


HOT NEWS