Peristiwa
Kamis, 12 Januari 2017 - 17:16:10 | bhisma-bharata / Sorot Kulonprogo

Warga Gegunung Tolak Pendirian Penggilingan Batu
Warga Gegunung Tolak Pendirian Penggilingan BatuWarga Gegunung Tolak Pendirian Penggilingan BatuAcara sosialisasi rencana pendirian penggilingan batu.

Pengasih,(sorotkulonprogo.com)--Puluhan warga Pedukuhan Gegunung, Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Rabu (11/01/2017) sekira pukul 20.00 WIB, menerima sosialisasi rencana pendirian penggilingan batu di wilayah tersebut. Sosialisasi yang dilakukan oleh Masdito Jati, pemilik tanah di wilayah setempat mendapatkan penolakan dari warga yang hadir dalam pertemuan. Adanya penolakan ini, pemilik pekarangan bisa menerima dan membatalkan pendirian penggilingan batu tersebut.

Menurut Ketua RW 17 Pedukuhan Gegunung, Wagiman, warga menolak rencana pendirian penggilingan batu lantaran dampak yang ditimbulkan lebih besar. ”Saya mewakili warga tidak menyetujui pendirian gilingan tersebut. Dampak dari terganggunya kesehatan dan kerusakan jalan sangat besar. Sudah ada beberapa contoh kerusakan jalan dari adanya usaha itu,” ujar Wagiman.

Hampir senada juga diungkapkan oleh salah seorang tokoh masyarakat setempat, Untoro. Beberapa waktu lalu juga ada yang memiliki rencana yang sama, namun mayoritas masyarakat Gegunung tetap menolak berdirinya penggilingan batu diwilayah setempat.

”Dampak sosial yang harus ditanggung warga sangat berat. Sudah ada kesepatakan bersama, kalau ada warga yang menyetujui maka kebutuhan sosial warga tersebut tidak akan didukung dan dibantu oleh mayoritas warga lainnya,” ungkap Untoro.

Dengan adanya penolakan dari warga Pedukuhan Gegunung, pemilik pekarangan hanya bisa menerima keputusan tersebut serta mempertimbangkan semua masukan dari warga setempat.


Berita Terkait :


HOT NEWS